el(A)ngin(ku)

Dia menyebut dirinya Elang. Tapi aku lebih suka memanggilnya Angin. Yang datang dan pergi sesukanya. Seperti saat ia masuk di kehidupanku. Entah sejak kapan pintuku terbuka untuknya, tapi nyatanya dia sudah berdiam disana.

Selayaknya Angin, ia tak pernah benar-benar berdiam. Menyapukan dirinya padaku, menjelajah setiap relung. Dan meruntuhkan satu persatu keyakinanku tentang cinta. Serupa dedaunan yang  digugurkannya helai demi helai dari tubuhku yang meranggas di musim kemarau.

Mungkin Tuhan hendak mengajariku tentang cinta. Atau justru hendak menguji kesetiaanku pada janji yang kubuat antara diriku denganNya. Entahlah.

Tapi seharusnya Dia tak mendatangkan Angin untukku. Sebab dalam gersang, ciuman Angin terasa menyejukkan. lembut sekaligus memabukkan. Aku pun lena.

Lalu jiwa menjadi terbiasa. Pada bisikan, hembusan bahkan hempasannya kala membadai. Sering kucari Angin, saat jiwa menuntut rindu. Tapi dia adalah Angin. Akan menghampiri jika ia ingin, tapi takkan bisa kau cari saat ia ingin berlalu. Menjauh. Kadang ingin kuikuti perginya. Namun hembusannya memudar pada setiap jejak yang ingin kuikuti. Aku kehilangan arah. Selalu.

Lagipun aku tak akan pernah bisa mengikuti. Aku cuma bisa terpaku melihatnya datang dan berlalu. Tertahan oleh akar yang telah menopangku lebih dulu. Hanya menunggu daun-daun bergemerisik menandai bisikan yang dikirimkan Angin untukku. Atau diam-diam menangisi gigil jiwanya yang kurasa lewat dingin yang menusukku.

Aku dan Angin….

Setiap saat  bertukar rahasia lewat sentuhan tak terlihat dan bisikan tak terdengar.

Sebab dia adalah Angin yang selalu ingin pergi dan aku adalah pohon yang tertahan oleh akar. Aku dan Angin….

Cuma bisa bertukar rahasia. Tidak lebih.

Dunia lirang, 21/09/11

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s